Mengenakan pakaian merah putih dengan topi yang menutupi leher, tiga anggota pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) mulai berdoa sebelum berlatih.

Sebanyak 68 anggota paskibraka dari 34 provinsi mulai dikarantina dan berlatih secara intensif dimulai sejak 25 Juli 2019 di bawah bimbingan TNI-Polri dengan penanggung jawab dari Garnisun Kosgartap I Jakarta.

Selain itu anggota paskibraka juga latihan gabungan bersama peserta upacara yakni TNI dan Polri untuk memantapkan persiapan jelang upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta pada 17 Agustus 2019.

Setelah dari Cibubur, pasukan paskibraka mulai melakukan observasi lokasi dengan memperhatikan posisi mereka untuk gladi kotor dan gladi bersih di halaman Istana Merdeka.

Presiden Joko Widodo menyempatkan hadir untuk menyaksikan gladi bersih jelang pelaksanaan upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Tibalah saat pelaksanaan, anggota paskibraka melewati tahapan- tahapan pengibaran bendera Merah Putih diiringi irama derap langkah mereka yang kompak.

Tanggung jawab yang dipikul secara bersama-sama tersebut membuahkan hasil. Mereka dapat menyelesaikan tugas dengan baik, terlebih Presiden pun bertepuk tangan yang membuktikan bahwa kagiatan peringatan detik-detik proklamasi berjalan dengan lancar dan sukses.

Sukses itu juga berulang pada sore harinya dalam upacara penurunan bendera, arak-arakan mengantarkan dua anggota paskibraka membawa duplikat bendera Merah Putih Pusaka meninggalkan Istana Merdeka dan menandai bahwa prosesi peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI telah usai.


Foto dan Teks : Wahyu Putro A (ANTARA FOTO)

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments