Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Gatot Eddy Pramono dan Panglima Daerah Militer Jayakarta Mayor Jenderal Eko Margiyono memastikan dua anggota TNI mengalami luka akibat ledakan yang terjadi di Monas berasal dari granat asap. 

Eddy mengatakan dua Anggota Garnisun Tetap I/Jakarta bernama Sersan Kepala Fajar Arisworo dan Prajurit Kepala Gunawan Yusuf dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat akibat luka serius.

"Luka di bagian tangan kiri dan luka bakar di dada, sementara satunya lagi luka di paha dan kaki," ujar Eddy melalui konferensi pers kepada wartawan di Monas, Selasa, 3 Desember 2019.

Eddy menambahkan, pihaknya kini sedang mendalami kepemilikan granat asap yang tertinggal di Monas. Sementara itu, Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri melakukan olah tempat kejadian perkara untuk menyelidiki penyebab terjadinya peristiwa tersebut.

"Itu kita akan minta keterangan saksi di tkp dan saksi korban, jadi mungkin sore atau besok kita baru tanyakan ke korban bagamana dapat granat asap itu," imbuh Eddy.

Sementara itu, Eddy memastikan tak ada penambahan pengamanan atau menaikkan status keamanan di DKI Jakarta akibat peristiwa tersebut. Diketahui, Lokasi Monumen Nasional berada berseberangan dengan Istana Kepresidenan dan kantor pemerintahan lainnya.

"Kami akan buka kembali Monas usai olah TKP. Sementara tidak ada penambahan pengamanan," jelas Eddy.

Berikut kronologi ledakan di Monas yang NETZ peroleh dari berbagai sumber:

Selasa 3 Desember 2019

Pukul 07.00 WIB

Anggota Garnisun Tetap I yang bermarkas di jalan Medan Merdeka Timur melaksanakan apel pagi dalam rangka olah raga bersama di Monas, Jakarta Pusat.

Pukul 07.15 WIB
Anggota melaksanakan jalan santai berkeliling di dalam area taman Monas.

Pukul 07.20 WIB

Serka Fajar dan Praka Gunawan menemukan sebuah kantung plastik hitam yang di dalamnya diduga berisi sebuah granat asap.Tiba-tiba, terdengar suara dentuman dari dalam area Monas arah Kementerian Dalam Negeri. Kondisi Serka Fajar mengalami luka berat tangan di sebelah kanan dan kiri. Sedangkan Praka Gunawan mengalami luka parah di bagian paha.

Pukul 08.00 WIB

Beberapa saat kemudian, Tim Gegana Polda Metro Jaya memeriksa lokasi dan mensterilkan lokasi ledakan di Monas. Serka Fajar dan Praka Gunawan dibawa ke RSPAD untuk menjalani perawatan.

ADITYA MUSTAQIM

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments