Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan menyelimuti beberapa daerah di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Riau, Sumatera Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Di Riau, kabut asap ini bahkan terlihat menyelimuti Pelabuhan Dumai sejak Selasa, 3 September 2019. Kabut asap ini tak hanya dipicu akibat kebakaran hutan di Riau, tapi juga dari Sumatera Selatan.

Upaya pemadaman kebakaran di Sumatera Selatan pun terus diupayakan oleh para petugas, termasuk dengan menggunakan helikopter MI8 milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pemadaman dilakukan di Desa Sukarame, Pemulutan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, sejak Senin 2 September 2019. 

Sebuah kapal berlayar menembus kabut asap di pelabuhan Dumai, Riau, Selasa (3/9/2019). Kabut asap yang menyelimuti kawasan pelabuhan Dumai tersebut akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Riau dan Sumsel. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Sementara itu, sejak kemarin petugas gabungan dari Polres Kolaka dan Manggala Agni Daerah Operasi Sulawesi Tenggara mengerahkan mesin semprot ke sejumlah titik api di Desa Wesalo, Kecamatan Lalolae, Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

Kepala Operasi Manggala Agni Daerah Operasi Sulawesi Tenggara Yanuar F Kusuma mengatakan, memasuki hari kedelapan kebakaran, luas lahan gambut yang terbakar telah bertambah menjadi 215 hektare akibat tiupan angin, jauhnya sumber air untuk pemadaman dan vegetasi yang mudah terbakar. 

Kabut asap kebakaran lahan gambut juga menutupi sebagian perkebunan kelapa sawit dan pemukiman warga di Kecamatan Lalolae, Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Kebakaran lahan gambut bahkan telah menyebabkan beberapa warga mengalami sesak nafas dan gangguan penglihatan. Foto-foto kebakaran hutan dan lahan dari berbagai daerah kami bingkai dalam galeri di atas. 

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments