Beragam cara dapat dilakukan untuk mengenang perjuangan para pendiri bangsa merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya adalah mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

Misalnya Museum Perumusan Naskah Proklamasi, yang berdiri kokoh di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat. Dulunya, bangunan ini merupakan bekas kediaman Laksamana Tadashi Maeda.  

Museum ini buka dari hari Selasa hingga Minggu, dan libur hanya di hari Senin. Di sini pengunjung dapat mengenang detik-detik Soekarno, Hatta, dan Ahmad Soebardjo menyusun naskah proklamasi.

Setiap sudut ruangan memiliki nilai historikal. Ada ruang pertemuan ketiga tokoh tersebut dengan Maeda saat merumuskan naskah proklamasi. Diorama Sayuti Melik dan Burhanuddin Mohammad Diah kala mengetik teks proklamasi.

Penasaran? Datang saja langsung, untuk semakin memaknai hari kemerdekaan ini. Dan sekaligus dapat mempelajari sejarah dengan cara yang menyenangkan.

Harga tiket masuknya tidaklah mahal. Untuk dewasa hanya dikenai Rp2.000 per orangnya. Dan pengunjung anak-anak, Rp1.000 orang saja per orangnya. Sementara untuk turis dikenakan Rp10 ribu per orang.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments