Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia (RI), Pemprov DKI Jakarta melakukan konservasi di kompleks Tugu Proklamasi yang meliputi Tugu Petir, Tugu Peringatan Satu Tahun Proklamasi, dan Patung Proklamator Soekarno-Hatta.

Sejumlah pekerja tampak sibuk menyelesaikan perawatan Patung Proklamator Soekarno di kompleks Tugu Proklamasi, Jakarta, Jumat (9/8/2019). Ada pula yang melakukan pengecatan ulang Tugu Peringatan Satu Tahun Proklamasi.

Tugu Proklamasi sendiri adalah tempat di mana momen diabadikannya saat Presiden ke-1 RI Soekarno membacakan naskah proklamasi didampingi Wakil Presiden Mohammad Hatta. Meski sebenarnya pembacaan naskah aslinya berlangsung di teras rumah pribadi Soekarno. Yang berada di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat.

Namun kediaman Soekarno saat ini sudah tidak ada lagi. Yang tertinggal hanyalah jejak tempat Soekarno berdiri saat peristiwa bersejarah berlangsung.

 Tempat tersebutlah yang diabadikan menjadi sebuah tugu dengan nama Tugu Proklamasi. Di bagian bawah tugu itu terdapat tulisan: Disinilah Dibatjakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 djam 10.00 pagi oleh Bung Karno dan Bung Hatta.

Tugu setinggi 17 meter itu dibangun di era 1960-an. Jika diperhatikan puncak tugu mirip sambaran petir, karena itulah tempat ini juga dikenal sebagai Tugu Petir. Filosofinya, karena kumandang proklamasi pada saat itu dianggap bagaikan sambaran petir yang mengejutkan banyak orang.

Bung Karno mengibaratkan naskah proklamasi tersebut dengan ‘Geledek yang didengarkan oleh 5 benua dan 7 samudera’. Hebatnya, meski tanpa pergerakan berarti dan tak ada pula panitia khusus. Sontak, tiba-tiba saja gema proklamasi berkumandang dan tersebar di berbagai media internasional.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments