Masih ingatkan kejadian mati listrik di sejumlah wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten, pada hari Minggu dan Senin kemarin? Suasana gelap, ruangan jadi panas karena tak bisa menyalakan mesin pendingin ruangan, belum lagi air di kamar mandi habis. Dan makin sempurna, karena baterai handphone pun habis, belum sempat charging sebelum listrik padam.

Mati listrik terjadi di sejumlah wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten, pada hari Minggu dan Senin kemarin. (PIXABAY)

Itu baru secuil akibat dari mati listrik, tentu masih banyak lagi hingga menyebabkan kerugian bagi sejumlah pengusaha dan masyarakat yang terdampak. Nah, hal itu bisa saja akan kembali terjadi selagi kelistrikan yang digunakan masih terlalu tergantung dengan satu sumber saja, seperti Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Padahal kita bisa lho, beralih menggunakan panel surya atau fotovoltaik. Merupakan perangkat listrik yang merubah energi dari cahaya langsung menjadi listrik oleh efek fotovoltaik.

Penggunaan panel surya sebagai sumber energi alternatif. (ANTARA)

Cara kerja panel surya secara singkat yaitu panas dari cahaya matahari dikumpulkan. Panas dari cahaya matahari tersebut juga digunakan untuk memanaskan cairan, lalu uap yang dihasilkan dipanaskan oleh generator, kemudian akan menghasilkan listrik.

Hebatnya lagi, menggunakan energi terbarukan ini banyak manfaatnya. Satu di antaranya ramah lingkungan, karena tidak memancarkan emisi gas rumah kaca yang berbahaya, seperti karbon dioksida.

Katy Perry salah satu selebritas dunia yang sudah beralih menggunakan panel surya. (INSTAGRAM/ katyperry)

Hal inilah yang akhirnya mendorong selebritas dunia Katy Perry untuk beralih menggunakan panel surya. Dilansir dari Daily Mail (07/08/19) Penyanyi I Kissed A Girl ini telah mengajukan izin listrik empat bulan lalu untuk memasang panel surya di rumahnya yang seharga Rp200 miliar di Hidden Valley, Beverly Hills, Amerika Serikat.

Kediaman rumah Katy Perry sebelum dan sesudah menggunakan panel surya, Hidden Valley, Beverly Hills, Amerika Serikat. (DAILYMAIL)

Selain itu, Katy juga membuat kendaraannya menjadi ramah lingkungan dengan memasang panel surya di atas mobil mewahnya dan pelindung perak agar terhindar dari sinar UV. Sekelas dan sesibuk Katy Perry saja sudah semakin sadar terhadap kelestarian lingkungan, kamu kapan?

BERBAGAI SUMBER

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments