Nama tempat wisata religi yang satu ini mungkin tidak asing buatmu, yakni Gua Ashabul Kahfi atau disebut juga The Cave of Seven Sleepers. Gua ini berlokasi di pinggirian Amman, Ibukota Yordania.

Tempat wisata ini memang punya sejarah yang tercatat dalam ayat suci Al-quran, tepatnya di surah Al-Kahfi ayat 9-26. Ayat ini menceritakan kisah tujuh pemuda yang tertidur lelap di dalam gua selama 309 tahun, Kisah ini terjadi sebelum zaman nabi Muhammad SAW.

Alkisah, sekelompok orang beriman tersebut melarikan diri dari penguasa dzalim. Namun, mereka mengira hanya tidur selama sehari atau setengah hari saja. Ketika terbangun, salah satu di antara mereka pergi ke kota untuk membeli makanan.

Penduduk kota pun segera mengetahui keberadaan mereka karena mata uang yang dipakai sudah sangat kuno. Akhirnya, setelah mereka wafat, penduduk kota membangun tempat ibadah di atas gua tempat tinggal mereka.

Waktu dan lokasi persis Gua Ashabul Kahfi ini memang enggak disebutkan dalam Al-quran. Tapi salah satu tempat yang diyakini banyak orang berada di Al-Raqim, Yordania.

Di dalamnya, terdapat empat ruangan kecil. Di dua ruangan terdapat batuan berbentuk seperti meja, tempat para pemuda beriman tidur. Kemudain, di bagian atas gua, sekarang dibangun sebuah Masjid.

Dari pusat Kota Amman terdapat bus umum menuju lokasi wisata religi ini. Tempat ini sangat populer di kalangan jamaah Umrah yang sedang berkunjung ke Yordania. Gua Ashabul Kahfi ini pun sempat direnovasi pada zaman Romawi kuno, kira-kira abad keempat Masehi silam.

 

 

 NET.CJ RAWATI PRILLIA

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments