Lombok memang dikenal dengan pantai-pantainya yang memesona. Tetapi Lombok juga punya destinasi wisata lainnya seperti pemandangan dari atas Bukit Pergasingan yang letaknya bersebelahan dengan puncak Gunung Rinjani.

Ya, apalagi kalau bukan hamparan sawah berwarna-warni yang akan membuat decak kagum siapapun yang memandangnya. Ada yang hijau, kuning, biru, merah, yang sepintas menyerupai karpet atau puzzle raksasa.

Kamu juga bisa kamping di Puncak Pergasingan dan menikmati momen-momen terbitnya matahari bersanding dengan kegagahan Gunung Rinjani yang tampak jelas. Untuk mencapai lokasi pendakian Bukit Pergasingan, kamu perlu menempuh perjalanan 2-3 jam berkendara dari Kota Mataram menuju Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun.

Dari Desa Lawang Sembalun, kamu bisa menggunakan jasa ojek warga menuju pintu masuk pendakian. Jalur pendakian Pergasingan sudah dibuat jelas sehingga mudah untuk ditempuh pemula sekalipun.

Siapkan juga uang retribusi sebesar Rp15 ribu sebelum memasuki area pendakian. Uang tersebut dikelola warga setempat untuk merawat dan melestarikan Gunung Pergasingan. Ratusan anak tangga sudah dibuat untuk membantu pendaki naik, namun harus tetap waspada karena kemiringan treknya mencapai 70 derajat.

Untuk sampai ke puncak, butuh waktu mendaki selama 2-3 jam. Jika berencana kamping, disarankan naik ke atas sejak sore karena saat siang hari area puncak justru dipenuhi kabut. Setelah tiba di puncak Pergasingan, bersiaplah terpukau dan selamat memanfaatkan kesempatan untuk berfoto sepuasnya bersama latar alam Lombok yang menakjubkan! 

 

BERBAGAI SUMBER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments