Merayakan bulan suci Ramadan jauh dari rumah atau kampung halaman di Indonesia memang terasa seperti ada yang kurang. Apalagi kalau lagi berada di Belanda yang berjarak ribuan kilometer dari tanah air.

Namun, bukan berarti suasana dan sukacita Ramadan enggak bisa dirasakan sama sekali. Karena rupanya ada Kampung Muslim di kawasan Lombok, Utrecht, Belanda.

Tentu saja bukan Lombok yang ada di Nusa Tenggara Barat, ya. Melainkan lingkungan Lombok yang tepatnya terletak di pusat Kota Utrecht.

Enggak jauh dari stasiun kereta api Utrecht, kamu bisa dengan mudah menemukan objek yang tampak menonjol, yaitu Masjid Ulu. Masjid ini dibangun sejak 2008 hingga 2015. Sehingga enggak heran bangunannya tampak megah dengan dua pilar besar bergaya arsitektur Turki.

Oktober 2015 menandakan pertama kalinya Masjid ini resmi dibuka, sebagai tempat berbaurnya berbagai budaya. Mengingat kawasan Lombok di Utrecht ini memang sangat multikultural.

Memasuki area dalam masjid, terlihat detail dan interior yang bernuansa sangat Islami, dengan karpet berwarna biru turkis yang empuk, serta fasilitas lengkap dan modern. Sementara, nama kawasan Lombok sendiri memang diambil dari nama Pulau Lombok di Indonesia. Karena adanya sejarah kolonialisme antara Indonesia dan Belanda di masa lampau.

Ada banyak penduduk Muslim multi etnis dari berbagai negara yang tinggal di daerah ini, berbaur penuh toleransi dengan kebudayaan penduduk asli Belanda. Restoran halal internasional pun banyak tersebar di kawasan ini.

Jika ingin mencari daging halal di supermarket, juga sangat mudah. Bagi yang ingin mencari busana Muslim pun akan gampang menemukannya.

Selain itu, enggak jauh dari masjid dan cukup dengan berjalan kaki, ada lokasi piknik seru berupa kincir angin, bernama Molen de Ster. Lokasi ini dilengkapi dengan kanalnya yang cantik yang membuat pengunjungnya kembali merasakan suasana Belanda meski dikelilingi nuansa Islami.

 

NET.CJ DEWA AYU AGUNG INTEN UTARI

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments