Kampanye terbuka menghadirkan sisi-sisi menarik di sekitar sosok calon presiden, baik Joko Widodo maupun Prabowo Subianto. Saat tampil di panggung kampanye, keduanya didampingi orang-orang dekatnya. Jika Ny. Iriana selalu mendampingi Jokowi, menariknya Titiek Soeharto kerap hadir pula di panggung kampanye Prabowo. Titiek merupakan putri Presiden RI ke-2 Soeharto, mantan istri Prabowo.

Kehadiran Titiek biasa diperkenalkan oleh Prabowo sebagai wakil dari Partai Berkarya. Partai Berkarya merupakan salah satu partai pendukung Koalisi Adil Makmur yang mengusung Prabowo-Sandi. Meski telah diperkenalkan sebagai politikus Partai Berkarya, tapi massa pendukung Prabowo selalu meramaikan momentum saat Prabowo menyebut nama Titiek.

Salah satu contoh keriuhan terjadi saat kampanye terbuka Prabowo di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Senin 8 April 2019. Seperti biasa Prabowo mengawali kampanye dengan memanggil nama-nama tokoh nasional yang hadir sebagai pendukungnya.  

Mantan Danjen Kopassus ini menyapa nama-nama, mulai dari Amien Rais, Rachmawati Soekarno Putri, Hidayat Nurwahid. Suasana pecah dengan keriuhan saat kemudian Prabowo menyebut nama mantan istrinya. "Yang saya hormati Mbak Siti Hediati Soeharto mewakili Partai Berkarya," kata Prabowo.

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto (tengah) memberikan orasi politik saat kampanye akbar bertajuk "Indonesia Menang bersama Prabowo Subianto" di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Senin (8/4/2019). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Titiek berdiri dari kursinya dan Prabowo menoleh ke belakang dari tempatnya berpidato, memandang ke arah Titiek. Suasana kembali penuh gelak tawa. Tak kurang dari mantan Panglima TNI Jendral Purn. Djoko Santoso ikut tersenyum simpul.

"Tapi yang saya heran, setiap saya sebut Siti Hediati Soeharto, sambutannya lebih meriah daripada saya ini?" canda Prabowo. Saat semua tertawa, Titiek menutup muka dengan kedua telapak tangannya. Simpatisan kompak berseru,"Maju, maju, majuu."

Titiek pun maju ke arah Prabowo. Sambil agak salah tingkah, Prabowo kembali bercanda,"Eee, yang calon presiden aku." Titiek pun menetralkan suasana dengan melambaikan tangan ke arah massa sambil mengacungkan tanda dua jari. 

Kehadiran Titiek kerap mencairkan suasana. Massa pendukung paslon nomor urut 02 seolah hanyut dalam nostalgia dengan kemunculan mantan pasangan suami-istri yang kembali dekat di panggung kampanye terbuka. Foto-foto Prabowo dan Titiek Soeharto di panggung kampanye terbuka, kami bingkai dalam galeri di atas.

TIM LIPUTAN 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments