Adam Mosseri, orang nomer satu di Instagram saat ini, baru saja melakukan kunjungan ke negeri Ginseng, Korea Selatan. Dalam kunjungannya di Seoul, Korea Selatan, Adam yang menjabat sebagai Head of Instagram sejak Oktober 2018 ini secara umum mengatakan akan membantu budaya yang sedang berkembang pesat di Korea Selatan saat ini, yakni K-Pop dan e-sports untuk mendunia. Adam juga menekankan bahwa Korea Selatan merupakan pasar yang penting dalam hal inovasi dan pemimpin dalam tren global, khususnya K-Pop.

Head of Instagram, Adam Mosseri dalam sesi wawancara eksklusif dengan NETZ di Kantor Facebook Korea, Seoul, Korea Selatan, Senin (11/3). (NET/Albert Williancoen)

"Satu hal yang membuat Instagram unik dan special adalah penggunanya yang terbuka dan sangat-sangat otentik dalam mengekspresikan dirinya di platform ini, begitu pula dengan budaya K-Pop dimana kita dapat melihat bagaimana mereka memulai hari, apa yang mereka lakukan, dari versi mereka, bagaimana mereka melihat dunia. Seperti melihat dari balik tirai jendela istilahnya", ujar Head of Instagram, Adam Mosseri di Kantor Facebook Korea di Seoul, Korea Selatan, Senin, 11 Maret 2019.

Salah satu agenda Adam ketika berada di Seoul, Korea Selatan adalah bertemu dan berinteraksi dengan grup K-Pop ternama, Monsta X pada acara Inkigayo di salah satu stasiun televisi swasta Korea Selatan. Ia bahkan membagikan kebahagiaannya bertemu Monsta X lewat feed dan story Instagram pribadinya. "Kemarin saya bertemu dengan grup bernama Monsta X, dan berbicara dengan mereka mengenai tur yang akan mereka lakukan di AS akhir tahun ini dan bagaimana Instagram sebagai platform global dengan senang membantu mereka sebagai memperkenalkan konten K-Pop ke seluruh dunia", sambungnya.

 

Dalam konferensi persnya di kantor Facebook Korea, mantan Head of News Feed Facebook ini menerangkan bahwa K-Pop bukan hanya fenomena lokal yang hanya ada di Korea Selatan, namun merupakan fenomena dunia dan Instagram sebagai media sosial berbagi foto dan video ini sedang mencoba mendukung koneksi antara artis K-Pop dengan penggemarnya di seluruh dunia. Misi Instagram ini berhubungan dengan orang-orang sebagai pengguna dan hal-hal yang disukainya, dan untuk melakukan hal itu Instagram meminta pengguna untuk mengekspresikan diri secara fundamental.

Salah satu artis K-Pop Korea yang berhasil mencuri perhatian Instagram adalah Kim Sohyun. Perempuan kelahiran 4 Juni 1999 ini berhasil meraih penghargaan sebagai Most Emerging Instagram Account di tahun 2018. Memulai karirnya sebagai aktris cilik di tahun 2006, dan mencapai puncaknya ketika ia membintangi drama serial berjudul Moon Embracing the Sun pada tahun 2012 yang meraih rating tertinggi hingga 42% dan membuatnya memenangkan penghargaan di berbagai kategori drama ternama.

Aktris K-Pop, Kim So-hyun saat diwawancara NETZ di kantor Facebook Korea, Seoul, Korea Selatan, Senin (11/3). (NET/Albert Williancoen)

"Saat ini saya sedang mempersiapkan serial drama remaja terbaru bekerjasama dengan Netflix, dan rencananya akan tayang pada bulan Juli 2019 mendatang", ujar Kim So-hyun saat diwawancara NETZ di kantor Facebook Korea, Seoul, Korea Selatan, Senin, 11 Maret 2019.

Bicara mengenai perkembangan budaya K-Pop yang menjadi salah satu genre yang paling banyak dibicarakan di Instagram dalam empat tahun terakhir, Indonesia patut berbangga menjadi negara dengan interaksi konten K-Pop terbanyak diluar Korea Selatan. Bahkan tagar #bestfanarmy sukses menjadi salah satu tren tagar dengan pertumbuhan tercepat di Instagram Indonesia.

Salah satu sesi dalam konferensi pers di kantor Facebook Korea, Seoul, Korea Selatan yang dihadiri oleh Head of Instagram, Adam Mosseri dan The Most Emerging Instagram Account 2018, Kim Sohyun. (Instagram)

Dengan statistik lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan, Instagram menjadi media sosial yang ideal bagi penggunanya untuk menemukan dan membagikan hal-hal yang mereka sukai. Platform media sosial yang dimiliki oleh Facebook ini mencatat bahwa Indonesia merupakan negara dengan komunitas pengguna Instagram terbesar di Asia Pasifik dan juga pengguna fitur stories terbanyak di dunia.

NETZ | ALBERT WILLIANCOEN

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments