Seindah Painted Hills di Oregon dan Gunung Pelangi di Zhangye Danxia Tiongkok, Indonesia punya destinasi cantik bernama Kelabba Maja di Nusa Tenggara Timur. Merupakan kombinasi wisata alam, budaya dan agama, tenpat ini dijaga warga yang disebut Efer Weue.

Wilayah wisata ini berupa perbukitan yang terdiri dari tebing-tebing dengan ragam corak warna yang menyenangkan mata. Seperti cokelat, merah marun, pink, kelabu, dan putih. Enggak hanya memiliki bukit pelangi, di Kelabba Maja ada beberapa batu 'keseimbangan' berdiri kokoh di ujung tebing yang meruncing. Batu ini perlambang ayah, ibu dan anak.

Penduduk desa setempat percaya, Kelabba Maja adalah tanah tinggal Dewa Maja. Di tempat ini ada batu yang dipakai untuk pemujaan dan tiap tahun ada ritual sembelih kurban untuk Dewa Maja. Diyakini sebagai tempat sakral, di sini pengunjung wajib jaga sikap dan ucapan.

Akses ke Kelabba Maja memang enggak mudah. Terletak di Pulau Sabu, tepatnya di Kecamatan Hawu Mehara, kita harus mendaki berjalan kaki selama 2 jam. Tapi dijamin, semua lelah dan usaha kamu bakal terbayar dengan pemandangan yang luar biasa indah di Kelabba Maja.

 

BERBAGAI SUMBER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments