Presiden Joko Widodo tiba di Pantai Carita Banten untuk meninjau wilayah terdampak tsunami Selat Sunda, Senin siang. Jokowi dan rombongan bertolak ke Banten dari Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja Bogor, Jawa Barat, dengan helikopter pada pukul sembilan pagi. 

Usai mendarat, rombongan Presiden langsung mengunjungi para pengungsi di Lapangan Futsal Rancateureup, juga mengunjungi mereka yang dirawat karena luka-luka di Puskesmas dan Rumah Sakit Lapangan Batalyon Kesehatan I Marinir Cilandak di Labuan.

Presiden Joko Widodo saat bertolak dari Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja Bogor, Jawa Barat. (INSTAGRAM @jokowi)

Dalam kunjungannya, Presiden didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jendral Tito Karnavian, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, dan sejumlah pejabat pemerintahan lainnya.

Mencegah kejadian serupa kembali terulang, dalam kunjungannya kali ini Jokowi memerintahkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk melengkapi peralatan dengan sistem deteksi early warning yang bisa memberikan peringatan dini kepada masyarakat. Selain itu, Jokowi juga berjanji pemerintah akan menyalurkan santunan untuk para korban secepat mungkin. 

“Iya nanti dari BNPB  untuk yang terkena bencana akan dibantu, juga untuk yang meninggal nanti dari Kemensos akan segera menyampaikan santunannya secepat-cepatnya, saya tadi sudah perintahkan ke Mensos,” kata Jokowi.

Warga menyelamatkan barang-barang miliknya dari reruntuhan rumah yang roboh dihantam tsunami di Kampung Pasawahan, Carita, Pandeglang, Banten, Senin 24 Desember 2018. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Hingga Senin pagi, jumlah total korban tewas akibat bencana tsunami di Selat Sunda telah mencapai 281 jiwa. Sebelumnya, bencana tsunami di Selat Sunda diprediksi terjadi karena longsor bawah laut akibat erupsi Gunung Anak Krakatau. 

Pantai Carita yang dikunjungi Presiden Jokowi merupakan obyek pariwisata bahari yang cukup terkenal di Banten, selain Pantai Anyer, Pantai Karang Bolong, dan Pantai Tanjung Lesung. Kini, kondisi Pantai Carita porak-poranda setelah diterjang tsunami Selat Sunda pada hari Sabtu, 22 Desember 2018 lalu. Foto-foto udara yang memperlihatkan kondisi Pantai Carita pascabencana kami bingkai dalam galeri foto di atas.

ANAN SURYA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments