Bukan hanya kecantikan alamnya, ragam kuliner khas kota Bukittinggi, Sumatera Barat siapa lah yang enggak kenal? Salah satu makanan yang kerap jadi incaran para pelancong adalah Nasi Kapau. Sajian nasi dengan beragam lauk pauk yang nikmat dan menggoda.

Nasi Kapau yang patut dicoba ada di kawasan Los Lambuang, Pasa Lereng, Bukittinggi. Lebih tepatnya, hanya sekitar 300 meter dari lokasi Jam Gadang yang terkenal di pusat kota.

Nasi Kapau sendiri hampir bisa dibilang nasi rames versi Minangkabau. Beda dari nasi padang, Nasi Kapau punya keunikan tersendiri yaitu selalu menyajikan menunya dalam panci besar yang disusun bertingkat.

Perhatikan juga saat para pelayan rumah makan menyendok lauk. Mereka menggunakan sendok bertangkai panjang dengan ujung tempurung kelapa untuk menuang ke piring pembeli. Nah, pilihan lauknya? Beragam banget. Mulai dari gulai sayur, potongan dendeng, ayam rendang, gulai kulit, gulai ikan, serta enggak lupa sambalado merah dan hijau sebagai pelengkap. Mantap!

Enggak ketinggalan, ada juga lauk Tambusu. Yang menjadi ciri khasnya yaitu campuran telur ayam dan tahu yang dimasukkan ke usus 12 jari sapi.

Seporsi Nasi Kapau memang dibanderol harga lebih mahal dari pada nasi padang biasa. Yaitu minimal Rp25 ribu per porsinya. Namun, buat kenikmatan dan keberagaman lauknya, tentu saja harga segitu sangat layak bagi pecinta kuliner khas Minang.

Konon di kawasan asal kuliner ini, setiap keluarga punya komposisi dan resep Nasi Kapau sendiri. Yang selalu dirahasiakan secara turun temurun. Bahkan untuk mendapatkan Tambusu yang enak, hanya masyarakat setempat yang pandai mengolahnya. Pantas saja, kuliner ini jadi salah satu kuliner melegenda asal tanah Sumatera Barat.

 

NET.CJ IWAN SUSANTO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments