Berkunjung ke Pantai Gemah di Tulungagung, Jawa Timur enggak akan terasa lengkap tanpa mencoba salah satu kuliner khasnya yaitu Sotong Asap. Jangan heran, di sepanjang jalan menuju pantai, kamu akan mendapati para pedagang yang berjejer menjual sotong maupun aneka jenis ikan asap lainnya.

Sotong dan ikan asap memang terkenal sebagai salah satu produk khas kawasan ini. Kamu bisa menyantapnya langsung di tempat, atau dibawa pulang sebagai buah tangan. Harganya yang murah meriah membuat Sotong Asap menjadi kuliner kegemaran para warga maupun pendatang.

Sotong merupakan sejenis cumi dengan ukuran yang lumayan besar. Selama diproses asap, sotong dilumuri dengan mentega dan bumbu rempah. Catat lho ya, sotong bukan dibakar menggunakan api, melainkan dipanggang di atas asap.

Lalu, bonggol jagung atau sepat kelapa menjadi pilihan sebagai bahan bakarnya. Selama dimasak, sotong maupun ikan dilarang dikipas atau kena api bakaran secara langsung. Hasilnya? Asap meresap perlahan sampai ke dalam daging sotong maupun ikan. Enggak heran, rasanya kaya dan gurih banget, cocok disantap dengan sepiring nasi panas.

Harga yang dipatok hanya berkisar Rp 4 ribu sampai Rp20 ribu. Harga tersebut tergantung ukuran sotong atau ikan asapnya.

Yang bikin lebih mantap lagi, semua itu merupakan hasil tangkapan nelayan setempat sehingga terjamin kesegarannya. Jangan lupa, cocol sotong asap dengan sambal kecap agar lebih mantap. So, pas banget kan sehabis puas main di Pantai Gemah, santapan sotong asap pun langsung menanti.

 

NET.CJ ERWIN KARTINAWATI  

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments