Bela diri campuran alias Mixed Martial Arts, atau disingkat MMA merupakan salah satu cabang olahraga yang paling menuntut ketahanan fisik tinggi. Di cabang olahraga yang melibatkan kontak fisik ini, berbagai teknik pertarungan diperbolehkan mulai dari pergumulan, tendangan, dan pukulan.

Di Indonesia sendiri, ada banyak atlet MMA. Dan salah satu putra bangsa yang terbaik adalah Stefer Rahardian. Hebatnya atlet MMA ini kerap bertanding mewakili Indonesia dalam One Championship, ajang pertarungan MMA bergengsi yang berbasis di Singapura, sejak 2015.

Stefer sendiri mulai tertarik pada dunia Brazilian Jujitsu sejak 2008. Ajakan teman membawanya mencoba olahraga yang melatih pertahanan diri alias self-defense tersebut.

Selain penasaran, olahraga bertema self-defense memang menjadi hobi bagi Stefer. Lama-kelamaan, ia pun melihat potensi dalam dirinya untuk menggeluti bidang olahraga tersebut dan mengambil langkah serius mendalaminya.

Di ajang One Championship, Stefer sudah mencatatkan sembilan kali kemenangan. Namun, Juli lalu ia harus mengecap kekalahan pada pertandingan ONE Championship bertajuk ‘ONE: Reign Of Kings’ melawan atlet asal Filipina, Rene Catalan.

"Perasaan sedih sudah pasti ada, perasaan kecewa. Tapi balik lagi ini bagian dari pertandingan. Cuma gimana cara kita menyikapinya secara sportif dan kembali menjadi yang terbaik, yang kuat buat event berikutnya," ungkap Stefer.

Stefer juga berbagi kisah di balik perjuangannya meniti karir di bidang olahraga MMA ini. Ternyata, ibunya menentang minat Stefer pada awalnya. Namun, ia berusaha membuktikan kalau profesinya ini dapat menghasilkan dan menghidupi keluarga.

Ia juga pernah mengalami titik terendah dalam karir olahraganya ini, yaitu saat mengalami cedera. Peristiwa tersebut ia alami justru saat ia sedang ingin memulai karirnya secara serius. Ia pun terpaksa sempat berhenti total dari pekerjaan yang ia cintai selama 2,5 tahun lamanya demi pemulihan yang sempurna.

Ke depan, Stefer memiliki harapan besar terhadap bidang olahraga MMA di Indonesia. Ia berharap pemerintah bisa memberi perhatian lebih pada atlet-atlet MMA Indonesia.

For more inspiring story, kamu bisa kunjungi www.mldspot.com

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments