Alam memang selalu punya cara ajaib untuk memukau manusia. Banyak hal-hal tak terduga yang bisa terjadi, bahkan yang seakan di luar logika.

Salah satunya adalah fenomena alam di bukit pasir di Lençóis Maranhenses National Park, Brasil. Setiap tahun, bukit pasir ini akan menjelma menjadi sebuah laguna cantik dan menarik perhatian banyak wisatawan yang ingin melihat keindahannya.

Setiap Januari hingga Juni, bukit pasir ini akan menampung air hujan yang turun selama periode waktu tersebut. Nah, barulah pada bulan Juli, bukit pasir ini akan menjelma menjadi kolam yang terisi oleh air berwarna bening kebiruan dengan temperatur yang hangat.

Enggak heran, memasuki bulan September, banyak wisatawan yang mengunjungi lokasi bukit pasir ini untuk menikmati suhu air kolamnya. Yang biasanya berkisar 30-31 deraja celcius.

Untuk tiba di lokasi Lençóis Maranhenses National Park bukan perkara mudah. Sebab, bukit pasir ini terbentang seluas 600 mil persegi dan kemungkinan bagi wisatawan tersesat sangatlah besar.

Oleh karena itu, wisatawan hanya boleh datang dengan didampingi oleh pemandu profesional . Yang ada di Lençóis Maranhenses National Park, hingga tiba di lokasi kolam dadakan tersebut.

Jangan kaget kalau nantinya kamu menemukan sejumlah hewan dalam kolam tersebut. Yup, kamu harus berhati-hati selama berenang. Karena ada sejumlah hewan seperti ikan yang biasanya muncul di kolam.

Ikan-ikan ini memasuki masa dormansi selama musim kering sehingga terkubur di dalam timbunan pasir. Barulah setelah kolam terbentuk, ikan-ikan ini kembali muncul ke permukaan. Dan berenang dari dan menuju sungai yang terhubung dengan kolam laguna ini.

Nah, cobalah datang lagi ke tempat ini sekitar bulan Oktober. Siap-siap dibuat terkejut melihat kolam laguna tadi sudah kering total dan bukit pasir kembali seperti semula. Kolam akan menghilang untuk sementara sebelum akhirnya muncul di pertengahan tahun mendatang.

 

BERBAGAI SUMBER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments