Bagi para penikmat kopi, menemukan kafe sekaligus tempat makan yang menyajikan menu-menu kopi enak tentu jadi tujuan. Di Pekalongan, Jawa Tengah, ada sebuah kafe yang enggak hanya menyajikan minuman kopi, tetapi juga olahan makanan yang menggunakan bahan kopi, yaitu Kafe Coffee and Beyond.

Menu andalan kafe ini adalah chicken de' koffie yang pasti meninggalkan kesan buat siapa pun yang menyantapnya. Chicken de' koffie terbuat dari ayam yang dimasak persis seperti chicken steak. Hanya saja, di dalam steak ayam tersebut ada isian sayur bayam dan jamur yang kemudian disiram dengan saus espresso alias saus kopi.

Nah, terbayang kan gurihnya steak ayam dipadu dengan tumis sayur bayam dan jamur yang segar? Lalu diberi sentuhan cita rasa kopi, unik pastinya. Selain chicken de' koffie, ada juga menu spaghetti Sambal matah yang dimasak dengan udang segar. Menu ini enggak kalah enak dan menarik bagi pengunjung.

Selain makanan, tentu saja yang menjadi menu utama di kafe ini adalah minuman kopinya dan itu adalah kopi tahlil on syphon. Kopi tahlil sendiri awalnya merupakan akulturasi budaya Arab yang ada di Pekalongan. Di mana kopi tersebut disajikan pada saat kegiatan tahlilan.

Seiring perkembangan waktu, banyak warung kopi yang menyajikan kopi tahlil. Bahan bakunya yakni kopi yang diseduh dengan menggunakan air dan rempah rempah seperti jahe, cengkeh, kapulaga, kayu manis dan jinten.

Sementara, syphon merupakan metode manual brewing atau seduh manual. Dengan menggunakan dua tabung, yaitu tabung bawah untuk menampung air panas. Dan tabung atas untuk menyimpan hasil penguapan air panas dari tabung yang ada di bawah.

Setelah air mendidih dan uap naik ke atas, kopi dan campuran rempah-rempah dimasukkan ke dalam tabung di atas. Kemudian diaduk hingga beberapa menit.

"Kita pengin kopi itu sebagai ajang silaturahmi sehingga kita bikin Coffee and Beyond. Menu yang kita tonjolkan utamanya pasti kopi. Jadi, untuk menu minumannya sendiri kita ingin mengangkat menu lokal Pekalongan yang biasa dikenal yaitu kopi tahlil dengan menggunakan metode lebih menarik," kata Graciani Kanesia, pemilik Kafe Coffee and Beyond ini.

Kafe ini juga menyediakan beragam jenis kopi, seperti Arabika dan Robusta dari Flores, Aceh, Toraja, Jawa Barat, dan Papua. Kalau kamu penasaran, langsung saja mampir ke Coffee and Beyond. Di Jalan Diponegoro nomor 15, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

 

TRIYONO SAEFULLOH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments