Tak ada yang berbeda dari suasana rumah keluarga Mahfud MD di Kota Pamekasan, Jawa Timur, Kamis malam. Ibunda Mahfud, Ny. Hadijah melakukan aktifitas seperti biasa, yakni sholat maghrib dan mengaji. Keluarga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengaku legowo meski Mahfud batal maju sebagai cawapres Joko Widodo. Keluarga justru berharap Mahfud tetap dapat berkarir di dunia pendidikan.

“Tidak begitu ambisius kesana karena sebenarnya kalau dari enjoy-nya enakan sekarang, bisa bercanda, lebih sering ketemu keluarga, ya itu,” tutur Fajar, keponakan Mahfud.

Mahfud MD sempat ramai disebut-sebut sebagai cawapres Jokowi di Pilpres 2019. Mahfud mengaku telah diminta mengukur baju dan mengurus berbagai syarat administratif. Tapi rupanya Jokowi memilih nama lain, yaitu Ketua Majelis Ulama Indonesia KH. Ma'ruf Amin. 

BACA JUGA:
Ma'ruf Amin Cawapres Jokowi
Alasan Jokowi Pilih Ma'ruf Amin

Mahfud adalah putra Madura. Dibesarkan dalam kultur religius yang kuat, Mahfud kemudian meniti karirnya sebagai akademisi. Guru besar hukum tata negara Universitas Islam Indonesia (UII) ini kemudian masuk ke birokrasi pemerintahan setelah ditunjuk oleh Presiden Abdurrahman Wahid sebagai Menteri Pertahanan. Selepas Gus Dur lengser, Mahfud kembali menekuni dunia hukum, jabatannya sangat prestisius, yaitu sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Terakhir, Mahfud dipercaya oleh pemerintah menjadi Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Saat namanya masuk bursa cawapres Jokowi, Mahfud di beberapa kesempatan mengatakan bahwa dirinya tak punya modal. Beberapa kali ia berseloroh bahwa dirinya tak punya "isi tas". Meski demikian nama Mahfud menguat, sampai akhirnya di detik-detik akhir, Jokowi memilih KH. Ma'ruf Amin. Potret kesederhanaan Mahfud juga tercermin dari gaya hidup keluarganya di Madura. Potret kesederhanaan keluarga Mahfud di Madura kami bingkai dalam galeri foto di atas.

DIDIK SETIA BUDI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments