Yogyakarta menjadi kota pertama Torch Relay atau Kirab Obor Asian Games 2018. Prosesi Kirab Obor diawali dari Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kamis, 19 Juli 2018.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubowono X menyerahkan Obor Asian Games kepada Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. Retno kemudian berlari membawa obor sekitar 100 meter menuju Alun Alun Utara Yogyakarta.

Dari tangan Retno, api obor berpindah ke Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri. Dalam prosesi ini, api obor akan terus berpindah tangan saat diarak dengan lari estafet. Dari Yogyakarta api obor akan dibawa ke Solo dan terus dilanjutkan ke kota lainnya. Obor akan dibawa menuju 52 kota lain di 17 provinsi di Tanah Air.

Obor akan berada di Jakarta pada 18 Agustus mendatang. Pembawa Obor Asian Games terdiri dari berbagai macam peserta. Mereka berasal dari kalangan artis, atlet, hingga pejabat pemerintah.

Obor Asian Games 2018 berasal dari dua api, yaitu api yang diambil dari New Delhi, India dan api dari Mrapen di Grobogan, Jawa Tengah. Rabu malam, 18 Juli 2018, Api Abadi Mrapen dan api dari New Delhi, India, disatukan menjadi Obor Asian Games 2018. Penyatuan dua api ini dilakukan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Candi Prambanan.

ANDREAS PAMUNGKAS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments