Satu lagi selebriti terseret dalam pusaran kasus korupsi di tanah air. Kali ini giliran nama fotomodel Steffy Fanny Burase terseret dalam penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi dana otonomi khusus di bumi serambi Mekkah, Nanggro Aceh Darussalam. 

Setelah menjalani pemeriksaan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama 12 jam, model Steffy Fanny Burase keluar dari Gedung KPK, Rabu malam. Steffy diperiksa komisi anti rasuah terkait adanya aliran dana dari Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf untuk penyelenggaran event Aceh Marathon 2018. 

“Memakan waktu 12 jam yang sangat melelahkan tentunya. Ibu Steffy diperiksa dengan 12 halaman BAP, kurang lebih 40-60 pertanyaan,” ujar Fahri Timur, kuasa hukum Steffy. “Yang ditanyakan seputar aliran dana,” lanjut Fahri. 

Terkait isu kedekatan istimewa antara Steffy dan Irwandi Yusuf, Fahri mengatakan,”Jadi kalau ada pertemuan-pertemuan dia dengan gubernur atau perangkat daerah yang lain, itu lebih kepada pertemuan panitia penyelenggaraan event marathon itu.” 

Steffy Burase sat menunggu pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 18 Juli 2018). (ANTARA FOTO/ Reno Esnir)

Menegaskan pernyataan pengacaranya, Steffy mengaku hubungannya dengan Irwandi sebatas hubungan kerja dalam pelaksanaan event Aceh Marathon 2018. "Saya punya hubungan kerja dengan beliau dan sangat profesional,” ujar perempuan asli Manado itu. “Terlepas dari gosip biarlah orang bercerita, tapi saya sudah mengklarifikasi saya dan beliau benar-benar hubungan kerja," lanjutnya.

Ketika wartawan kembali mencecar dirinya tentang isu statusnya sebagai istri siri Irwani, Steffy kembali membantah,"Kalau hubungan profesional kira-kira ada nikah siri enggak?"

BACA JUGA:
Steffy Fanny Burase, Fotomodel dalam Pusaran Kasus Irwandi Yusuf

Steffy merupakan staf ahli profesional di event bertaraf internasional itu dan mengaku mengenal Irwandi sejak setahun lalu. "Sejak di proyek Aceh Marathon ini, dari tahun kemarin karena program ini dibuat sudah hampir satu tahun," papar Steffy. 

Aceh Marathon 2018 dijadwalkan berlangsung di Sabang pada 29 Juli mendatang. Uang suap yang diterima Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf sebagian digunakan untuk kepentingan kegiatan itu.

Model asal Manado, Steffy Burase di ruang tunggu Gedung KPK, Jakarta, Rabu 18 Juli 2018. (ANTARA FOTO/ Reno Esnir)

Irwandi Yusuf terseret kasus suap penyalahgunaan dana otonomi khusus daerah Aceh pada 3 Juli 2018. Sederet nama disebut-sebut menerima aliran dana sehingga diperiksa secara marathon oleh KPK termasuk model Steffy Fanny Burase.

Sosok Steffy belakangan menjadi sorotan publik. Namanya masuk dalam daftar orang dicekal KPK ke luar negeri. Selain Steffy, KPK juga mencekal Nizarli (Kepala Unit Layanan Pengadaaan/ULP Aceh), Rizal Aswandi (pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Aceh), dan Teuku Fadhilatul Amri. Pencekalan berlaku selama enam bulan terhitung sejak Jumat 6 Juli 2018.

Foto-foto Steffy Fanny Burase saat keluar dari Gedung KPK kami bingkai dalam galeri foto di atas. 

ANDRI PRASETYO

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments