Masih begitu banyak seluk beluk tanah pertiwi Indonesia ini yang bisa dijelajahi, terutama untuk melepaskan penat dan menghabiskan waktu berlibur. Pacitan salah satunya, daerah yang dikenal sebagai tempat kelahiran Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.

Enggak tanggung-tanggung, kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur ini memiliki 17 pantai indah. Dan yang istimewa di antaranya adalah Pantai Banyu Tibo di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo.

Nama Banyu Tibo diberikan untuk pantai ini karena pada bibir pantai terdapat air terjun yang langsung bermuara ke laut. Dalam Bahasa Jawa, Banyu artinya air, sedangkan Tibo berarti jatuh. Singkatnya, Banyu Tibo berarti air yang jatuh, dalam hal ini ke pantai.

Kondisi geografis yang unik membuat wisatawan berdatangan menyambangi pantai ini. Jika diperhatikan, garis pantai diapit oleh jurang karang. Dan panorama biru lautnya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Selain itu, air terjun di pantai ini juga enggak pernah kering meskipun saat musim kemarau panjang. Oleh karena itu, untuk menikmati keindahan secara maksimal, datanglah pada musim kemarau. Sebab, ombak enggak lagi begitu besar. Sehingga aman untuk bermain dan berenang di pantai.

Saat kondisi ombak besar, wisatawan hanya boleh melihat pemandangan dari atas tebing. Bisa sambil mencoba memancing alias rock fishing.

Untuk menuju pantai ini, dari Pacitan masuklah ke jalan utama Pacitan-Solo. Ikuti petunjuk sampai ke arah Kalak. Pada jalur ini juga terletak kawasan wisata lain yang enggak kalah indahnya, yaitu Gua Gong.

Sampai di Pasar Kalak, lanjutkan perjalanan ke arah kanan menuju Desa Widoro. Setelah itu kamu akan menemukan marka jalan yang menunjukkan lokasi Pantai Banyu Tibo.

Jangan lupa, siapkan uang tiket masuk Rp3 ribu untuk orang dewasa dan Rp2 ribu untuk anak-anak. Di akhir pekan, harga tiket dewasa menjadi Rp5 ribu, namun anak-anak tetap sama.

Siapkan juga uang lebih untuk membeli makanan dan minuman di sekitar area pantai. Karena sudah banyak jajanan makanan yang bisa kamu nikmati sambil bermain di pantai.

 

BERBAGAI SUMBER

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments