Presiden Joko Widodo memberikan tanggapan terkait beredarnya foto pertemuan dirinya dengan Persaudaraan Alumni 212 pekan lalu. Meski enggan membeberkan secara rinci isi pertemuan, presiden mengakui adanya pertemuan tersebut, pada hari Minggu, 23 April 2018. Jokowi juga mengakui kerap bertemu sejumlah ulama untuk silaturahmi dan persaudaraan.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Jokowi usai menghadiri acara pelepasan ekspor mobil di Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu pagi. Sebelumnya, memang beredar foto pertemuan presiden dengan Persaudaraan Alumni 212 di dalam masjid. Di dalam foto itu, presiden tampak berbincang dengan beberapa pengurus Persaudaraan Alumni 212. 

Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Persaudaraan Alumni 212 di Bogor, Minggu 23 April 2018. (ISTIMEWA)

Diantaranya adalah Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Al Khaththath, Ketua Umum FPI Ahmad Sobri Lubis, Ketua Umum Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Usamah Hisyam, Ketua Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif, dan Anggota Dewan Pembina Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF Ulama) Yusuf Marta.

Presiden enggan menanggapi pertanyaan wartawan soal kemungkinan adanya tuntutan pembebasan terhadap ulama yang dikriminalisasi. Presiden justru menanggapinya dengan bercerita tentang jalannya pertemuan yang diawali sholat dzuhur berjamaah dan makan siang. Dikatakan oleh presiden, pertemuan tersebut untuk membahas penyelesaian permasalahan yang ada di masyarakat. 

Presiden memberikan keterangan mengenai pertemuannya dengan Persaudaraan Alumni 212 setelah meninjau ekspor perdana Mitsubishi Xpander di Cilincing, Jakarta, Rabu 25 April 2018. (ANTARA/Aprillio Akbar)

Jokowi berharap melalui pertemuan-pertemuan bersama ulama yang kerap ia lakukan, hubungan harmonis antara pemerintah dan ulama bisa terjalin semakin baik. 

“Mengenai pertemuan hari Minggu, saya kan hampir tiap hari, hampir tiap minggu ke pondok pesantren bertemu dengan ulama, juga mengundang ulama untuk datang ke istana. Kan hampir setiap hari, hampir setiap minggu, untuk apa? Semangatnya adalah menjalin tali silaturahmi dengan para ulama, para habaib, kyai, ustad, dari seluruh provinsi yang ada di tanah air,” ujar Presiden Jokowi. 

“Menjalin persaudaraan, menjalin ukuwah dalam rangka menjaga persaudaraan menjaga persatuan, menjaga ukuwah diantara kita sehingga dengan tersambungnya silaturahmi antara ulama dengan umaroh, kita dapat menyelesaikan banyak masalah, banyak problem, persoalan-persoalan yang ada di masyarakat, yang ada di umat,” lanjut Jokowi.

Presiden Jokowi memang kerap bertemu ulama. Kami membingkai beberapa foto pertemuan Mantan Wali Kota Solo ini dalam galeri di atas.

PRIHARDANI PURBA | YUSUF REZA

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments