Pemikiran kalau menjadi seorang vegetarian itu menyiksa, sepertinya sudah usang. Pasalnya, sekarang semakin banyak kafe atau restoran yang mengkreasikan bahan-bahan nabati menjadi semirip mungkin dengan daging.

Buktinya, sekarang vegetarian tetap bisa makan burger lho. Bukan sembarang burger karena diolah dengan tempe sebagai bahan utamanya sebagai ganti daging sapi.

Penasaran? Silakan coba sendiri kuliner Eropa bercita rasa nusantara ini di Kawi Lounge Sheraton Surabaya Hotel, Surabaya, Jawa Timur. Bukan cuma terbuat dari tempe, burger di restoran ini disajikan dengan bumbu rujak yang manis pedas. Berpadu dengan gurihnya olahan tempe sebagai patty burger sehingga rasanya semakin unik.

Bumbu rujak terbuat dari campuran bawang merah dan putih, cabai merah besar dan kecil, dan kacang. Selain itu dilengkapi juga dengan serai, daun jeruk, santan, gula merah, dan air asam jawa. Kemudian semua bahan-bahan tersebut dihaluskan bersama dan ditumis sampai matang.

Membuat patty tempenya juga enggak sulit, cukup haluskan tempe. Kemudian tumis bersama bawang bombay, bawang putih, daun bawang, seledri. Lalu tambahkan telur dan tepung sebagai perekat adonan tempe.

Sekilas, inovasi kuliner vegetarian yang banyak diminati ini tampak seperti burger pada umumnya kok. Tentu saja yang ini versi lebih sehat dan ramah kolesterol.

Meski merupakan menu baru di Kawi Lounge, burger tempe bumbu rujak ini cukup sering dipesan. Baik pengunjung vegetarian maupun yang bukan.

Kalau tertarik, seporsi burger sehat ini dibanderol Rp79 ribu, sudah lengkap dengan kentang gorengnya. Buat yang suka pedas, bisa juga lho request bumbu rujak dengan tingkat kepedasan yang lebih tinggi. Nyam!

 

TIFFANY ALHAMID

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments