Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengumumkan pemecatan terhadap Gubernur Jambi, Zumi Zola dari keanggotaan partainya. Pemecatan ini menyusul ditahannya Zumi Zola oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Zumi ditahan setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka korupsi kasus dugaan suap pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Senin, 9 April 2018.

Menurut Zulkifli, sudah jauh hari ia menghimbau kadernya menjauhi korupsi."Salah Zumi Zola ya. Kita sudah pesan betul kepada kader, saya sudah tekankan harus taat hukum, jangan dekat-dekat namanya korupsi. Mudah-mudahan kejadian Zumi Zola terakhir bagi kader PAN yang terkena masalah ini,” ujar Zulkifli kepada Rio Pramasta dari NET

Zulkifli mengklaim pemecatan ini sudah dilakukan oleh PAN sebelum Zumi Zola ditahan KPK. “Bahasanya otomatis kalau ada yang terkena itu otomatis, tidak harus ada rapat. Jadi kalau ada kader terkena masalah hukum, otomatis pasti diganti".
 

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengumumkan pemecatan Zumi Zola dari keanggotaan partai. (NET/Tri Iswanto)

Pada 9 April kemarin, Zumi Zola resmi ditahan oleh KPK setelah diperiksa sekitar sembilan jam di KPK. Saat keluar pada pukul 18.45 WIB, mantan Bupati Tanjung Jabung Timur ini telah mengenakan rompi oranye alias resmi berstatus tahanan. 

Zumi Zola telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus gratifikasi pada Jumat, 2 Januari 2018. Selain Zumi, KPK juga menetapkan Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi Arfan dalam kasus gratifikasi senilai Rp 6 miliar. 

KPK menduga suap yang diterima Zumi Zola dan Arfan digunakan untuk menyuap anggota DPRD Jambi agar hadir dalam rapat pengesahan R-APBD Jambi 2018. Zumi sebagai kepala daerah berkepentingan agar anggaran yang diajukan Pemprov Jambi disetujui DPRD Jambi. Uang suap ini kemudian oleh KPK disebut sebagai “uang ketok”.

Sebelum ditahan, Zumi sudah bolak-balik diperiksa KPK dan dihadirkan sebagai saksi di persidangan. Saat sudah berstatus tersangka, ia juga masih aktif menjalankan tugasnya sebagai gubernur. Kami merangkum foto-foto Zumi Zola sejak ia terseret kasus hukum dalam galeri di atas. 

TRI ISWANTO | RIO PRAMASTA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments