Di tengah gencarnya pembangunan infrastruktur, terlontar juga kritik terhadap masifnya pembangunan fisik di seluruh penjuru tanah air ini. Masukan datang dari para budayawan dan seniman yang bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Jumat sore. 

31 Budayawan dan seniman meriung dalam suasana santai bersama presiden di Halaman Istana Kepresidenan. Beberapa diantaranya sebut saja Butet Kartaredjasa, Putu Wijaya, Radhar Panca Dahana, Christine Hakim, Nungky Kusumastuti, Mohammad Sobary, Acep Zamzam Noor, Agus Noor, hingga aktris Olivia Zalianty.

Budayawan Radar Panca Dahana meminta agar pemerintah tak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur dan melupakan pembangunan di bidang kebudayaan.

“Pembangunan materialnya luar biasa. Pembangunan kemanusiaan tertinggal. Dia akan melakukan sisa pemerintahannya, untuk mengejar. Kalo itu diberi perintah, seniman siap bekerja,” ujar Radhar Panca Dahana.

Presiden pun menjawab kritik ini dengan memastikan setelah infrastruktur selesai dibangun, maka pemerintah akan masuk ke tahapan kedua, yakni pembangunan sumber daya manusia, termasuk di sektor kebudayaan.

“Pada tahapan besar yang kedua, kita akan masuk kepada investasi sumber daya manusia. Kebudayaan akan menjadi sebuah pondasi, baik yang berkaitan dengan nilai budaya, nilai karakter, kemudian yang berkaitan dengan etos kerja dan produktivitas,” ujar Presiden Jokowi. 

Presiden mengakui dalam 3,5 tahun ini ia dan kabinet selalu berbicara fisik, infrastruktur karena memang realitasnya infrastruktur Indonesia tertinggal. “Utamanya untuk saudara kita yang berada di wilayah Indonesia bagian timur,” lanjut presiden.

Di pertemuan ini pula, Presiden Jokowi memamerkan kelihaiannya melukis di atas kanvas. Temanya tentang Indonesia Maju. Suasana pertemuan Presiden Jokowi dengan para budayawan dan seniman ini, kami bingkai dalam deretan foto-foto di atas.

WILI AZHARI 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments