Es dawet merupakan salah satu minuman khas daerah Jawa yang mudah ditemukan di berbagai tempat makan, bahkan di pinggir jalan. Dawet sendiri biasanya terbuat dari tepung beras ketan yang dicetak dengan bentuk agak panjang. Serta disajikan dengan cairan santan dan gula merah.

Sementara, warna hijau pada dawet umumnya merupakan hasil ekstraksi alami daun pandan atau daun suji. Nah, di Magelang ada es dawet yang diracik dengan pewarna alami lain, yaitu dengan memakai daun kelor. Es dawet buatan Pak Sidiq ini diberi nama Dawet Ajaib, pas buat takji saat berbuka puasa nanti.

Daun kelor diketahui sebagai tanaman herbal dengan banyak khasiat. Yang menurut World Health Organization (WHO) jumlahnya mencapai 360 manfaat. Agar khasiatnya tetap terjaga, daun kelor yang digunakan untuk membuat dawet diolah tanpa proses pemasakan.

Dalam semangkuk es dawet daun kelor, tersaji juga isian lain seperti cincau, gula aren asli, kelapa muda serut, dan potongan nangka. Serta enggak ketinggalan, santan sehat yang diproses agar enggak mengandung kolesterol tinggi.

Seporsi es dawet ini dibanderol harga sangat murah yaitu Rp5 ribu. Kalau penasaran, mampir saja ke gelaran Car Free Day Lapangan Rindam 4, Magelang, Jawa Tengah. Kamu bisa cari spot Dawet Ajaib Pak Sidiq yang selalu mangkal setiap hari Minggu.

Selain menyeruput semangkok es dawet daun kelor yang segar, kamu juga bisa menikmati layanan pijat refleksi lho. Pas banget kan setelah panas-panasan jalan pagi di Car Free Day.

 

NET.CJ  WIDYA ARIANTI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments