Kesuksesan Elon Musk meluncurkan roket terkuat di dunia (Falcon Heavy) membuat iri Richard Branson, konglomerat pemilik Virgin Galactic.

Seperti diketahui, Virgin Galactic merupakan perusahaan antariksa yang juga kompetitor SpaceX, perusahaan peluncur Falcon Heavy.

"Aku sedikit iri. Elon dan timnya melakukan sesuatu yang luar biasa. Mereka semua melakukan hal fantastis," tutur Branson kepada CNN, Kamis (15/02).

Falcon Heavy membuat semua orang berdecak kagum. Mereka berhasil melakukan terobosan dengan mengirim roket pendorong kembali ke Bumi secara simultan. 

Terobosan itu membuat roket pendorong bisa dipakai ulang di peluncuran-peluncuran berikutnya. Hal ini berdampak positif terhadap penghematan biaya operasional peluncuran sebesar miliaran dolar AS.

Meski iri, Branson menggunakan pencapaian SpaceX sebagai pelecut semangat anak buahnya di Virgin Galactic. Mereka berusaha melampaui pencapaian SpaceX dengan cara menjadi perusahaan antariksa pertama yang melakukan penerbangan komersial ke luar angkasa.

Sudah lama Virgin Galactic berencana mengakut turis ke luar angkasa menggunakan pesawat ulang alik. Dalam kontestasi ini mereka hanya berkompetisi dengan 2 perusahaan, yakni SpaceX milik Branson dan Blue Origin milik orang terkaya di dunia Jeff Bezos.

Branson menyebut Virgin Galactic bakal sangat kecewa jika pesawat antariksanya tidak bisa meluncur dalam waktu beberapa bulan ke depan. "Aku berharap Virgin Galactic akan menjadi yang pertama dari tiga entrepreneur yang bersaing untuk membawa orang-orang ke antariksa," ujar Branson.

Biaya yang dipatok Virgin Galactic untuk piknik ke luar angkasa tak bisa dibilang murah. Harga satu tiket pulang pergi mencapai US$ 250 ribu atau sekitar Rp 3,3 miliar.

Selain mahal, tiket tersebut harus dibayar di muka dalam bentuk deposit. Padahal, calon penumpang belum tahu kapan pesawat itu siap diterbangkan secara komersial.

Meski mahal dan tak ada jaminan berangkat. Peminat tur luar angkasa Virgin Galactic cukup membludak. Hingga kini tercatat 700 orang telah mendaftar. Beberapa dari mereka berasal dari kalangan selebritas seperti Brad Pitt, Ashton Kutcher, Angelina Jolie, Tom Hanks, dan Paris Hilton.

CNN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments