Perayaan Valentine  selalu identik dengan cokelat yang biasanya menjadi kado buat orang tersayang. Meski banyak jenis cokelat dengan beragam rasa, bentuk, dan hiasan, cita rasanya enggak ada yang bisa menandingi kenikmatan cokelat dari salah satu negeri penghasilnya, yaitu Belgia.

Enggak diragukan lagi, negara ini memang dikenal sebagai salah satu produsen cokelat paling enak di dunia. Mulai dari jenis cokelat Praline, Tablette, Fondant, sampai Moelleux yang biasanya dipadukan dengan waffle.

Data penelitian menyebutkan, penduduk Belgia rata-rata mengonsumsi hingga 8 kilogram cokelat per tahunnya. Pantas saja, cokelat sudah menjadi tradisi kehidupan warganya secara turun temurun.

Meski sudah jadi bagian dari keseharian, kemeriahan Valentine tetap marak dan kental terasa dengan kehadiran bermacam toko cokelat. Setiap toko menyajikan varian rasa dan bentuk terbaru. Lengkap dengan kemasan cantik mulai dari ukuran mungil sampai jumbo.

Harga yang ditawarkan untuk setiap cokelatnya juga bervariasi, tergantung kebutuhan dan kemampuan si pembeli. Ada yang dibanderol 5 euro atau sekitar 80 ribu rupiah, hingga 95 euro atau 1,5 juta rupiah.

Toko-toko yang menawarkan variasi cokelat Valentine ini bukan toko sembarangan lho. Karena mereka adalah produsen cokelat ternama di Belgia yang kualitasnya terjamin dan sangat terkenal. Sebut saja, Pierre Marcolini, Neuhaus, Godiva, Leonidas, Cortné Port Royal, dan Galler.

 

 

NET.CJ P. KENCONOWATI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments