Minat bocah milenial terhadap Facebook nampaknya mulai menurun. Penelitian eMarketer, firma ekonomi asal New York menyebut Facebook kehilangan 2,8 juta pengguna berusia di bawah 25 tahun.

Tahun lalu mereka memprediksi pengguna Facebook berusia 12-17 tahun akan berkurang 3,4 persen. Pada kenyataannya, jumlah pengguna yang berkurang berjumlah tiga kali lebih besar yakni 9,9 persen atau sekitar 1,4 juta pengguna. 

Untuk diketahui total pengguna berusia 12-17 tahun di tahun 2017 berjumlah 12,1 juta.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi anomali ini. Dilansir Recode, Selasa (13/2), Facebook kehilangan faktor 'keren' yang selama ini disandangnya. Selain itu, lebih banyaknya pilihan media sosial membuat jumlah pengguna Facebook terus tergerus.

Oleh sebagian penggunanya Facebook dimanfaatkan sebagai perekam jejak digital. Sayangnya, kebanyakan anak muda sekarang tidak terlalu peduli dengan hal itu. Mereka cenderung enggan memublikasi dan menyimpan kehidupan pribadinya di paltform digital.

Faktor tersebut juga menjelaskan mengapa para anak milenial lebih tertarik pada Instagram dan Snapchat; dua media sosial yang menawarkan fitur berbagi video dan foto yang tidak permanen. 

Secara keseluruhan di tahun 2017, eMarketer mencatat penurunan jumlah pengguna Facebok sebanyak 2,8 juta pengguna berusia di bawah 25 tahun. Lalu bagaimana dengan tahun ini? Tahun ini tak begitu membaik. Penurunan terjadi dengan estimasi 2,1 juta.

Penurunan ini terbagi dalam tiga grup di bawah usia 25 tahun; 9,3 persen di usia di bawah 11 tahun, 5,6 persen pada usia 12-17 tahun, dan 5,8 persen di usia 18-24 tahun

Hal sebaliknya dialami Instagram dan Snapchat. eMarketer memprediksi jumlah pengguna Instagram akan bertambah 13 persen menjadi 105 juta. Sementara pengguna Snapchat akan tumbuh sebesar 9 persen menjadi 86,5 juta pengguna.

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments