Selamat datang di Oymyakon, Rusia, desa paling dingin di dunia dengan suhu udara mencapai minus 62 derajat Celcius. Di bulan Januari, rata-rata suhu di sini mencapai minus 50 derajat Celcius. Akan sangat mudah menemukan orang berlalu lalang dengan bulu mata dan alis membeku karena saking dinginnya udara.

Meski sangat dingin, pengukuran beberapa termometer di Oymyakon menunjukan hasil yang berbeda. Otorita resmi mengeluarkan angka minus 59 derajat Celcius. Sedangkan laporan masyarakat mengatakan minus 67 derajat Celcius.

Angka 62 derajat Celcius sendiri berasal dari termometer yang dipasang di salah satu wilayah di desa tersebut. Terlihat jelas air raksa mencapai titik terendahnya di tabung termometer.

Angka 67 derajat yang diperoleh masyarakat menyamai rekor yang diciptakan tahun 1933. Saat itu, suhu udara di Oymyakon menembus angka minus 67.7 derajat Celcius. 

Dalam bahasa Rusia Oymyakon berarti air yang tak akan bisa membeku. Nama itu diperoleh berkat sumber air panas yang mengalir di bawah permukaan desa. (SIBERIAN TIMES)

Angka tersebut hanya selisih 1 derajat dari ambang batas suhu udara terendah yang aman ditinggali manusia. Rekor suhu di Oymyakon hanya kalah dari Antartika. Bedanya, wilayah ini dihuni manusia sedangkan Antartika tidak berpenduduk.

Dalam bahasa Rusia Oymyakon berarti air yang tak akan bisa membeku. Nama itu diperoleh berkat sumber air panas yang mengalir di bawah permukaan desa. 

Oymyakon berada di pelosok Siberia yang dahulu jarang dijamah manusia. Pada awal abad ke-19, wilayah ini sering disinggahi pengembala rusa untuk sekadar memberi makan dan minum peliharaannya.

Pemerintah Uni Soviet lantas menjadikan Oymyakon situs agar wilayah ini didiami orang-orang nomaden. Sejak penetapan itu, Desa Oymyakon kini memiliki penduduk sebanyak 500 orang. 

SIBERIAN TIMES | DAILY MAIL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments