Pemandangan langka terhampar di rawa-rawa di sepanjang North Carolina Amerika Serikat. Puluhan aligator terbujur kaku di perairan yang membeku dengan posisi kepala keluar dari permukaan.

Teknik bertahan hidup itu terekam apik melalui unggahan Facebook Shallotte River Swamp Park. Pihak taman mengatakan, sebagai hewan berdarah dingin aligator akan membiarkan tubuhnya membeku di bawah air. Ia akan bernafas melalui hidung yang menyembul pada moncongnya.

Petugas mengatakan, aligator memiliki insting alamiah yang memungkinkannya mengetahui kapan suhu akan menurun. Sesaat sebelum air membeku ia akan berenang ke permukaan untuk menyelamatkan moncongnya dari kepungan es yang mulai mengeras. 

Musim dingin adalah waktu berhibernasi bagi aligator. Meski berdiam di es, hewan purba itu tetap dapat mengelola suhu tubuhnya dengan baik. Dengan cara itulah ia bertahan hidup. 

"Luar biasa, lihatlah gigi-giginya. Tahun ini adalah waktu mereka untuk berhibernasi hingga cuaca kembali menghangat," ujar George Howard, petugas Shallotte River Swamp Park.

Sebelum temperatur udara meningkat, aligator-aligator tersebut akan tetap pada posisinya. Ia tak akan bereaksi meski ada yang mengusiknya. Teknik itu adalah cara aligator bertahan hidup, ia akan tetap diam agar tidak cepat kehabisan energi.

MIRROR | SHALLOTE RIVER SWAMP PARK

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments