Kemunculan hiu putih raksasa mengagetkan sebuah keluarga yang sedang berlibur di perairan sekitar Pelabuhan Victoria, Australia Selatan, Selasa (26/12).

Dilansir The Advertiser, saat kejadian Jodie Brown bersama tujuh anggota keluarganya sedang memancing di sebuah kapal kecil berukuran enam meter. Hiu predator muncul tiba-tiba dan mengelilingi kapal mereka selama 20 menit.

"Mereka muncul dari belakang, dan berenang mengelilingi kapal kami," ujar Brown.

Hiu raksasa sepanjang 5 meter itu membuat seluruh penumpang takut. Mereka lantas menggerakan kemudi secara perlahan menuju tepi pantai. Brown menilai, hiu itu mendekat karena tertarik dengan ikan-ikan hasil tangkapan yang diletakan di lambung kapal. 

"Kami semua sangat kaget karena ukuran hiu itu sangat besar," ujar Brown.

Hiu putih memiliki reputasi sebagai predator laut paling berbahaya di Australia. Ia merupakan ikan yang hidup di perairan beriklim sedang. Ia mudah ditemui di lepas pantai Australia, mulai dari Tanjung Barat Laut di Australia Barat, Selat Bass, Queensland, hingga perairan yang berbatasan langsung dengan Indonesia.

Sebelum pertengahan 1970 hewan ini hanya dikenal dengan nama hiu putih (white shark). Namun, sejak film Jaws meledak di tahun 1975 banyak orang memopulerkan predator ini dengan istilah hiu putih besar (great white shark).

Meski tersohor, populasi hiu putih sangat memprihatinkan. Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Flora dan Fauna Liar (CITES) memasukannya ke dalam kategori hewan langka. Penangkapan ilegal menjadi penyebab utama berkurangnya jumlah hiu putih.

MASHABLE | THE ADVERTISER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments