Foto orangutan Kalimantan sedang bersembunyi di balik pohon berhasil memenangi lomba foto prestisius National Geographic Nature Photographer of the Year tahun 2017.

Foto ini diambil oleh Jayaprakash Joghee Bojan, fotografer Singapura di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah Bulan Agustus silam. Foto berjudul 'Bertatap Muka di Sungai Kalimantan' keluar sebagai pemenang setelah menyisihkan 11 ribu foto dari seluruh dunia.

Foto dihasilkan setelah Jayaprakash menjepretnya sebanyak 30 kali. Saat akan difoto, sang orangutan bertatapan dengan fotografer. Hal itu mendorongnya untuk bersembunyi di balik pohon.

"Foto itu dijepret saat orangutan sedang mengintip. Ia memastikan apakah saya masih di tempat semula atau sudah bergeser," ujar Jayaprakash kepada Straits Times.

Foto ini menjadi istimewa karena menunjukan perilaku yang tidak biasa. Primata yang terkenal tidak suka basah-basahan itu terpantau sedang menyebrang sungai. Hal ini menunjukan bahwa orangutan bisa beradaptasi dengan kerusakan habitat yang sedang dialaminya.

"Ini adalah buktinya karena orangutan membenci air dan tidak pernah berkeliaran di sungai. Aku berada di kedalaman 5 kaki untuk mendapatkan perspektif ini," tutur Jayaprakash.

"Ketika sedang mengamati orangutan liar di Taman Nasional Tanjung Puting, Indonesia, kami menyaksikan pemandangan mengagumkan orangutan jantan besar menyebrangi sungai meskipun ada buaya di situ," ujarnya kepada national Geographic.

"Lahan kelapa sawit telah memperkecil habitat mereka dan ketika mereka terdesak, makhluk pintar ini belajar untuk beradaptasi di lingkungannya yang berubah."

STRAITS TIMES | PETA PIXEL | NATIONAL GEOGRAPHIC

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments