WhatsApp akan mengeluarkan fitur baru bernama 'Restricted Groups'. Dalam bahasa Indonesia fitur itu berarti grup terbatas.

Saat fitur ini diaktifkan, hanya anggota yang berstatus sebagai admin saja yang bisa mengirim pesan. Sisanya, anggota yang tak terdaftar sebagai admin, hanya bisa membaca pesan.

Fitur Restricted Group hanya bisa diaktifkan oleh admin grup. Jika sudah aktif, semua anggota non-admin tidak dapat mengirimkan pesan jenis apapun, baik tulisan, gambar, video ataupun berbagi lokasi. 

Jika Restricted Group sudah aktif, maka akan muncul pemberitahuan dalam chat history bertulis: "Hanya admin yang bisa mengirim pesan." 

Informasi ini pertama kali diketahui oleh situs WABetaInfo. Ia menyebut, fitur baru ini sudah tersedia dalam versi beta bagi Android dan iOS. Meski demikian, tidak jelas kapan WhatsApp akan meluncurkannya.

WABetaInfo menjelaskan, fitur ini ditujukan bagi admin yang hendak menyelenggarakan acara atau mengumumkan sebuah informasi penting pada grup yang dikelolanya. 

Bagi anggota non-admin yang ingin membalas pesan, mereka bisa menggunakan tombol admin. Namun, pesan ini harus mendapat persetujuan admin terlebih dahulu sebelum dibaca anggota yang lain. 

Restricted Groups bukan termasuk fitur permanen. Grup akan kembali seperti semula, setelah 72 jam fitur ini diaktifkan. 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments