Tagar #UninstallTraveloka menggema di jagad maya, Selasa (11/14). Hingga berita ini diturunkan, ia menjadi Trending Topic nomor satu di Twitter.

Hal ini dipicu aksi walk out pianis Ananda Sukarlan saat Gubernur Anies Baswedan berpidato di peringatan ulang tahun ke-90 Kolese Kanisius.

Ternyata warganet hanya termakan hoax yang belum jelas dari mana asalnya. Mereka menyangka Derianto Kusuma, CTO Traveloka, ikut mendukung pemboikotan tersebut. Alumnus Kanisius itu dikatakan ikut WO dan menyalami Ananda usai Anies meninggalkan lokasi acara di Hall D JIExpo Kemayoran.

Informasi ini lantas direspon cepat warganet, yang sebagian besar pendukung Anies, dengan menghapus aplikasi pemesanan tiket dan hotel itu.

Pihak Traveloka langsung menyanggah kabar miring yang beredar. Mereka mengonfirmasi jika Derianto Kusuma tidak hadir pada peringatan ulang tahun ke-90 Kanisius. 

Derianto memang diudang oleh Kanisius. Rencananya ia akan dinobatkan sebagai salah satu alumnus berprestasi dari yayasan pendidikan milik umat Katholik tersebut. Namun ia tidak bisa hadir karena sedang berada di luar kota.

"Kami turut berbahagia bahwa salah satu pendiri kami menerima pernghargaan dari Alumni Kanisius. Akan tetapi beliau berhalangan hadir karena sedang melakukan perjalanan dinas yang telah direncanakan beberapa bulan sebelumnya," tulis Traveloka pada pernyataan resminya.

Terkait beredarnya kabar bohong, Traveloka akan melakukan investigasi. Namun, mereka belum berencana mengambil langkah lanjutan termasuk melaporkan kasus ini ke aparat berwajib. 

"Kami baru lihat ramai soal ini, kami juga masih menginvestigasi," ungkap Traveloka.

Derianto Kusuma merupakan pendiri Traveloka yang kini menjabat sebagai Chief Technology Officer. Sebelumnya, pria yang juga lulusan Standford University itu juga merupakan karyawan Linkedin dan Microsoft. 

Pada ulang tahun Kanisius yang ke-90, Deri dan Ananda direncanakan untuk menerima penghargaan sebagai alumni berprestasi. Selain keduanya, ada Romo Magnis Suseno (tokoh Jesuit), Irwan Ismaun Soenggono (tokoh pembina Pramuka) dan Dr. Boenjamin Setiawan (pendiri Kalbe Farma). 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments