Sebanyak 10 ekor paus sperma terdampar di Pantai Ujong Kareueng, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Senin (13/11). Enam ekor berhasil ditarik ke perairan dalam, sementara empat sisanya meregang nyawa.

Keempat paus yang mati masih dibiarkan terkapar di bibir pantai. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh sedang berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengevakuasi paus-paus tersebut menggunakan mobil derek ke daratan.

"Fasilitas kami kurang, jadi kami tarik dengan tali," ujar  Teuku Nurmahdi, Kepala Bidang Kelautan, Kepulauan, dan Pesisir, Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Aceh. 

Dua paus sudah mati sejak Selasa dini hari. Dua paus sisanya menyusul tak lama setelahnya: satu ekor tersangkut karang, satu ekor sempat ditarik ke laut namun kembali terdampar dan mati.

Enam paus berhasil diselamatkan dengan cara ditarik menggunakan tali yang ditambatkan ke kapal patroli milik Dinas Kelautan dan Perikanan. Sejumlah instansi dibantu masyarakat juga ikut terjun langsung menyelamatkan paus-paus tersebut. Mereka di antaranya adalah BKSDA Aceh, Polisi, TNI AL, Basarnas, BPPD Aceh, serta FKH Unsyiah.

Dinas Kelautan mengatakan, kawanan paus terdampar saat sedang bermigrasi. Petugas menduga, ada satu paus yang terluka dan tersapu ombak hingga perairan dangkal Pantai Ujong Kareueng. Paus-paus yang lain lantas mendekati paus tersebut untuk menyelamatkan si saudara sepersusuan. Nahas, mereka ikut terdampar bersamanya. 

MUNANDAR SYAMSUDDIN

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments