Dompet Dhuafa Kini Hadirkan Aplikasi Untuk Berdonasi Hingga Beribadah

Denok Karisma

Netz.id – Yayasan amal Dompet Dhuafa meluncurkan aplikasi DD Apps untuk Android dan iOS. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk memudahkan penyaluran donasi dan ibadah kepada pengguna.

Fiturnya mulai dari donasi hingga zakat, terowongan, amal, kemanusiaan, dukungan ibadah, pendaftaran relawan dan akses ke laporan umum Dompet Dhuafa.

Keberadaan aplikasi ini tidak terlepas dari kemajuan teknologi mobile. Sementara 44% generasi milenial saat ini menggunakan layanan Dompet Dhuafa, 6% generasi Z kemungkinan akan meningkat hingga 15%.

Direktur Utama Dompet Dhuafa Etika Setiawanti mengatakan kehadiran aplikasi DD melengkapi perjalanan inovasi teknologi Dompet Dhuafa.

Ia mengatakan, aplikasi Dompet Dhuafa tidak hanya sekedar platform agregasi, namun juga melayani kebutuhan ibadah masyarakat.

“Dompet Dhuafa tidak hanya sekedar menghimpun dana, namun juga mengelolanya dalam program pemberdayaan. Transparansi dan pelaporan penggunaan dana juga ditampilkan di aplikasi ini,” kata Etika mengutip keterangannya, Rabu (21 Februari 2024). .

Adi Kurniawan, chief digital officer asosiasi, mengatakan, aplikasi ini memiliki dua fungsi utama: donasi dan ibadah.

“Sumbangan tidak hanya mencakup pengeluaran, tetapi juga amal, zakat, sumbangan, dana kemanusiaan swasta, dan angsuran kurban,” kata Uday.

Sedangkan fitur ibadah antara lain jadwal sholat, Al-Quran digital lengkap dengan audio, kalkulator zakat, pengumpulan zakat, fasilitas konsultasi langsung dengan profesor, dan lain-lain.

Fitur lain yang tersedia di aplikasi ini adalah Laporan Umum Dompet Dhuafa. Laporan ini memberikan transparansi dalam penggunaan donasi.

Terdapat juga fitur log donasi bagi para donatur yang ingin berpartisipasi langsung dalam program pemberdayaan. Lalu ada juga fungsi pendaftaran relawan dan berita terkini tentang kegiatan organisasi ini.

Direktur PT Ozip Teknologi Nusantara Martin Adiyono mengatakan keberadaan DD Apps merupakan sebuah proses transformasi digital. Jika dulu donasi dikumpulkan secara manual atau melalui aplikasi pihak ketiga, kini donasi bisa langsung dikumpulkan melalui aplikasi smartphone.

DD Apps juga memberikan keamanan aplikasi karena pengguna diharuskan memasukkan kode OTP sebelum login.

Untuk donasinya, DD Apps menggunakan metode mobile banking atau transfer melalui ATM, virtual account, serta e-wallet seperti Dana, Ovo, Gopay, dll.

Tags

Bagikan

Also Read